SNI.ID, AMBON – Kegiatan PVL On the Spot yang di gelar oleh Ombudsman RI Maluku sejak Senin (20/01/2025) hingga Rabu (22/01/2025) di RSUD Haulussy menuai respon positif dari masyarakat.
Kepala Keasistenan PVL, Jacoba Noya mengungkapkan bahwa bentuk respon positif masyarakat berupa partisipasi masyarakat dalam ikut berkonsultasi dan melaporkan maladministrasi yang dialami melalui gerai yang tersedia di RSUD Haulussy.
“Kami mendapatkan total 25 laporan dan 32 konsultasi selama tiga hari menggelar kegiatan tersebut di RSUD,” ungkapnya pada Jum’at (24/01/2025).
Jacoba melanjutkan bahwa laporan maupun konsultasi yang disampaikan memiliki berbagai substansi yakni pada sektor Pendidikan, Sosial, Kesehatan, Pekerjaan Umum, Kepegawaian, layanan BPJS dan Perbankan.
Direktur RSUD dr. M. Haulussy Ambon, dr. Novita E. Nikijuluw, menyambut baik kehadiran Ombudsman RI Maluku yang mendekatkan diri dengan masyarakat pengguna layanan rumah sakit.
“Kegiatan ini sangat positif untuk menjembatani masyarakat dengan pelayanan publik yang lebih baik,” tuturnya.
Selain itu, masyarakat yang dirahasiakan identitasnya juga mengapresiasi kegiatan PVL On the Spot dan berharap melalui kegiatan ini, semakin banyak masyarakat yang menyadari bahwa ketika mengalami maladministrasi harus melapor ke Ombudsman RI Maluku.
“Kami sebagai masyarakat merasakan dampak dari kegiatan ini dan berharap bahwa dilain waktu kegiatan dapat dilaksanakan pada tingkat desa sekaligus sosialisasi tentang Ombudsman RI Maluku,” tandasnya.
Sebagai penutup, Jacoba menjelaskan bahwa setelah ini akan segera diadakan rapat Pleno dalam rangka proses lanjutan setelah penerimaan laporan sebelum diserahkan ke bidang Keasistenan Pemeriksaan.
“Setelah ini tentunya kita akan segera Pleno agar laporan cepat tertangani, tentunya menyesuaikan kewenangan Lembaga,” tutupnya. (*)