Lama Menumpuk, Penjabat Tinjau Pembersihan Sampah Di Perbatasan Ambon – Malteng

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : Masalah sampah menjadi salah satu perhatian Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena untuk dituntaskan di awal kepemimpinannya.

Setelah Rabu (25/5/2022) lalu meninjau pembersihan lokasi pembuangan sampah di Pasar Mardika, hal yang sama juga dilakukan Penjabat Wali Kota, Jumat (27/5/2022), di Kawasan Jalan Sisingamagaraja, Pasar Minggu.

Di wilayah Kota Ambon yang berbatasan dengan Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah (Malteng) itu, tumpukan sampah terlihat di pinggiran jalan. Kondisi ini ditengarai sudah terjadi dalam waktu lama, dan menjadi pemandangan biasa warga yang melintas.

“Ini bukan pemukiman warga, ini lokasi kosong, sehingga kami menduga kebanyakan yang buang sampah bukan hanya warga kota Ambon tetapi juga warga dari Malteng,” ujar Penjabat di sela – sela tinjauan didampingi Sekretaris Kota (Sekkot), Agus Ririmasse dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon, Alfredo Hehamahua.

Sampah yang telah lama menumpuk itu, lanjut Bodewin, akan disterilkan oleh DLHP.

“Setelah bersih dari tumpukan sampah, akan ada aparat Satpol PP yang ditempatkan untuk berjaga dan melarang masyarakat secara persuasif untuk tidak kembali membuang sampah di lokasi tersebut,” katanya.

Selain penempatan personil Satpol PP, Penjabat akui dirinya telah berkoordinasi dengan Camat Salahutu dan Raja Negeri Suli, Kabupaten Malteng untuk menghimbau masyarakat agar tidak membuang sampah di lokasi itu.

“Kita lakukan langkah persuasif, ketika mereka datang kita suruh mereka kembali jangan buang sampah disini. Sampah ini masalah kita bersama, kalau pemerintah Malteng siapkan TPS, pasti masyarakat tidak buang sampah disini,” terang Wattimena.

Dirinya menandaskan, Pemkot Ambon tidak akan membangun TPS ditempat tersebut karena bukan merupakan daerah pemukiman warga.

Baca Juga:  Ketua ITANEM Imbau Warga Akhiri Konflik di Tual

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *