Kodam Pattimura Terima Sosialisasi Penatausahaan Pemanfaatan Aset BMN Kemhan

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : Kodam XVI/Pattimura menerima sosialisasi penatausahaan pemanfaatan aset BMN Kementerian Pertahanan (Kemhan) untuk Satuan Kerja (Satker) dilingkungan TNI wilayah Kota Ambon, bertempat di Ruang Yudha Makodam XVI/Pattimura, Senin (11/12/2023). Kegiatan ini, diikuti oleh para pejabat yang mengawasi aset BMN, baik di Satuan Kodam XVI/Pattimura, Lantamal IX/Ambon maupun Lanud Pattimura.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial, PSC., M.Tr.(Han)., yang membuka secara resmi kegiatan, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas dilaksanakannya sosialisasi Penatausahaan Pemanfaatan Aset BMN Kementerian Pertahanan (Kemhan) untuk satuan kerja (satker) dilingkungan TNI wilayah Kota Ambon.

“Saya berharap, melalui kegiatan ini, akan menambah pengetahuan dan pemahaman kita atas Pemanfaatan Aset BMN Kementerian Pertahanan (Kemhan) dilingkungan TNI”, harap Pangdam.

Lanjut Pangdam menjelaskan, kegiatan sosialisasi ini sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan kualitas SDM operator aset BMN dalam rangka mewujudkan efisiensi, akuntabilitas dan transparansi pengelolaan barang milik negara sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku.

“Untuk itu, jadikan kegiatan ini sebagai ajang pembelajaran sekaligus momentum untuk menyerap semua materi, sehingga dapat meningkatkan kemampuan SDM operator dalam penatausahaan pemanfaatan aset BMN di Satuan jajaran TNI yang ada diwilayah Kota Ambon”, pesan Pangdam.

Dalam kesempatan yang sama, Irjen Kemhan Letjen TNI Budi Prijono selaku ketua Tim sosialisasi dalam amanat tertulisnya mengatakan, pertanggungjawaban atas aset barang milik negara menjadi semakin penting bagi Pemerintah, termasuk Kemhan dan TNI.

“Penyelenggaraan kegiatan ini menjadi penting, karena berkaitan dengan peningkatan kinerja Kemhan dan TNI. Kinerja instansi pemerintah tidak terlepas dari sejauh mana penilaian terhadap akuntabilitas pelaporan keuangan instansi yang bersangkutan, termasuk dalam hal tertib administrasi pemanfaatan BMN”, pungkasnya.

Baca Juga:  Jamin Stabilitas Keamanan Laut, Bakamla RI Gelar Patroli Bersama

Lanjut dikatakan, salah satu komitmen Kemhan dan TNI dalam pengamanan aset milik negara yaitu, pembentukan Tim Satuan Tugas Penatausahaan Pemanfaatan Barang Milik Negara di Lingkungan Kementerian Pertahanan dan Tentara Nasional Indonesia, yang diatur dalam KEP Menhan Nomor : KEP/133/M/I/2023 tanggal 31 Januari 2023.

“Selain itu, pada tahun 2022 kemarin, Kemhan telah menerima penghargaan Reksa Bhanda dari Kementerian Keuangan, semoga ini menjadi motivasi bagi Satker lain untuk mengelola aset yang dimiliki secara optimal dan tidak menyalahi peraturan yang berlaku”, pungkasnya.

Menutup amanatnya, Irjen Kemhan TNI mengajak seluruh Satker TNI yang ada diwilayah Ambon, baik Kodam XVI/Pattimura, Lantamal IX/Ambon dan Lanud Pattimura, untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan sehingga memperoleh keseragaman pola pikir dan pola tindak dalam pemanfaatan Aset BMN.

Kegiatan dilanjutkan dengan bertukar cinderamata, antara Pangdam XVI/Pattimura dengan Irjen Kemhan. Usai kegiatan tersebut, peserta sosialisasi menerima paparan Pengelolaan PNBP oleh Kabid Pembinaan Pelaksanaan Anggaran I Kanwil DJPb Prov. Maluku Bapak Aryo Budiwidarto, S.E., M.Si., dan Sosialisasi Pengelolaan PNBP oleh Bapak Iwan Victor Leonardo Tindaon Kepala KPKNL Kota Ambon.

Usai pembukaan kegiatan sosialisasi, Irjen Kemhan beserta rombongan meninjau RST Tk II Prof dr. J.A. Latumeten. Disini, Irjen Kemhan menyerahkan Plakat yang diterima langsung oleh Kolonel Ckm dr. Muhammad Alimuddin, M. Kes sebagai kenang-kenangan.

Turut hadir dalam sosialisasi, Kasdam XVI/Pattimura, Irdam XVI/Pattimura, Kapoksahli Pangdam XVI/Pattimura, Danrem 151/Binaiya, Para Asisten, Kabalak dan Dansat jajaran Kodam XVI/Pattimura. Hadir pula Danlantamal IX/Ambon dan Danlanud Pattimura yang masing-masing didampingi Kadislog serta operator aset BMN. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *