Mahasiswa KKN Unpatti Ikuti Pembekalan

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : Pembekalan bagi mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Gelombang II Angkatan XLIX-Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023 digelar dengan tema “Membangun Desa Melalui KKN” dan Sub Tema “Kontribusi Mahasiswa KKN Unpatti Melalui Penerapan Pola Ekonomi Kreatif Dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Desa”.

Kegiatan digelar secara Hybrid berlangsung di Auditorium Fakultas Pertanian Universitas Pattimura diikuti oleh mahasiswa perwakilan setiap Fakultas dan melalui Meeting Zoom. Kegiatan pembekalan KKN ini akan dilaksankan selama 2 hari mulai dari tanggal 17 – 18 April 2023.

Ketua TIM Mata Kuliah KKN Unpatti, Dr. S. P. Ritiauw, S.Pd, M.Pd dalam laporan mengatakan, pengelola KKN maupun TIM pengelola KKN terus bersinergi dan dari waktu ke waktu terus memperbaiki sistem pelaksanaan kegiatan KKN sehingga beberapa tahun terakhir kami bisa membuktikan bahwa kontribusi besar dari pelaksanaan KKN dapat mencapai luaran.

“Kami boleh berbangga karena kami telah keluar dari paradigma pelaksanaan KKN dimana mahasiswa hanya turun ke lokasi untuk melaksanakan aktivitas rutin tetapi dengan sistem pendampingan dan pembekalan serta sinkronisasi program antara TIM KKN dan Dosen Pendamping Lapangan (DPL) dapat mencapai luaran yang baik”, ungkapnya.

Lanjut dikatakan, jumlah mahasiswa KKN sebanyak 1741 mahasiswa yang tersebar pada 85 lokasi dengan jumlah DPL 42 orang. KKN pada gelombang ke II, dilaksanakan dalam 2 bentuk pelaksanaan yakni, KKN Reguler dan Tematik. Untuk KKN Tematik, ada 15 kelompok yang tersebar pada 3 Fakultas yakni, Fakultas KIP,Teknik dan Pertanian.

Pada KKN kali ini juga terdapat 250 mahasiswa yang memilih untuk melakukan KKN tematik mandiri sesuai dengan 8 komponenen MBKM. KKN tematik mandiri ini mahasiswa sendiri yang akan menentukan lokasi KKNnya, mereka akan melakukan eksplorasi dan implentasi MBKM dan para mahasiswa ini akan dibimbing secara online oleh salah satu DPL.

Baca Juga:  Jelang HUT TNI ke-78 Pangdam Pattimura Pimpin Ziarah Di TMP Kapahaha

“Saya berharap, mahasiswa dapat membangun sinergitas dengan DPL sehingga implementasi program KKN dapat terlaksana,”harapnya.

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi Dr. Muspida, M.Si mengatakan, mahasiswa KKN harus diarahakan tidak hanya untuk mendapatkan nilai saja, tetapi bagaimana mereka mulai mengidentifikasi masalah yang akan berkelanjutan dalam penyususan skripsi.

“Mahasiswa sebagai agen perubahan harus mampu merubah pola pikir masyarakat yang selama ini hanya mengeksploitasi sumber daya alam,”katanya.

Menurutnya, disinilah peran mahasiswa untuk dapat memberikan edukasi kapada masyarakat terkait keberlanjutan dan ketersinambungan sumber daya malam untuk mendukung pembangunan berkelanjutan, bagaimana kita memanfaatkaan sumber daya alam sekarang tetapi tidak melupakan keberlangsungan hidup orang lain dimasa akan datang.

Ia juga berharap seluruh kegiatan KKN yang dilakukan harus dapat mendukung Indikator Kinerja Utama Rektor.

Acara dilanjutkan dengan penyematan Atribut KKN secara simbolis kepada perwakilan mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN), dan penyampaian materi yang dilaksanakan selama 2 hari oleh :

1. Dr. Stenly J. Ferdinandus, SE, M.Si, dengan materi : Pola dan Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Desa Berbasis Potensi dan Kearifan Lokal

2. Badan Pusat Statistika Provinsi Maluku dengan materi : Sosialisasi Sistem Pendataan Potensi Penduduk

3. Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dengan materi : Peran unpatti Bersama Mahasiswa KKN Membangun Desa Menuju Desa Mandiri

4. Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Maluku dengan materi : Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Masyarakat Desa

5. Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Univeristas Pattimura, Prof. Dr. M.Salakory,M.Kes dengan materi : Etika Dalam Kehidupan Bermasyarakat

6. Ketua TIM Mata kuliah KKN Unpatti , Dr. S.P.Ritiauw, S.Pd,M.Pd dengan materi : Orientasi Program KKN Unpatti (Identifikasi, Implementasi dan target Prioritas Program KKN)

Baca Juga:  Hebat Kepsek SMP 1 Huamual SBB, Bersuka Cita Dalam Perayaan Maulid Meski Beda Keyakinan

7. Koordinator Bidang publikasi dan Luaran, Dr. Hendry Selano, S.Sos, M.Si dengan materi : Petunjuk Teknis Pelaksanaan KKN

8. Koordinator Bidang Kurikulum dan Akademik, Dr. Kevin H, Tupamahu, SE, M.Sc dengan materi : Pelaporan, Evaluasi dan Luaran Kegiatan KKN

9. Ketua Pengelola KKN Unpatti, Prof. Ir. J. Leiwakabessy, MS dengan materi : Penutupan Kegiatan Pembekalan KKN Universitas Pattimura Gel.II Angkatan XLIX Ta 2022/2023.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *