Kasdam Pattimura Jadi Narasumber Seminar dan Dialog Kebangsaan Universitas Pattimura

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Agung Pambudi, mewakili Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial, PSC., M.Tr.(Han). menjadi narasumber pada acara Dialog dan Seminar Kebangsaan yang digelar oleh Universitas Pattimura Ambon, Rabu (31/1/2024).

Dialog dan Seminar Kebangsaan yang bertajuk “ Menghadapi Nilai Ideologi Pancasila Dalam Pemilu 2024 Yang Damai dan Demokratis ” tersebut diselenggarakan di Auditorium Universitas Pattimura diikuti oleh ratusan Mahasiswa/i dari 4 universitas yang ada di Maluku yaitu Universitas Pattimura, Universitas Darussalam Ambon, Universitas Kristen Indonesia Maluku, dan Institut Agama Kristen Negeri Ambon.

Selain Kasdam, sebagai Narasumber dalam acara tersebut Dir Reskrim Khusus Polda Maluku Kombes Polisi Hujra Soumena,S.I.K., MH., Kepala BIN Daerah Maluku Brigjen TNI Anton I Popang, Guru besar Univ. Pattimura Prof. DR. Aholiab Watloly dan Ketua DPW SKP Maluku Dr. Ir. Welem Waileruny.

Acara tersebut dibuka oleh Rektor Univ Pattimura Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd. Dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya acara ini dan berharap agar kwalitas pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila, nasionalisme dan kebhinekaan bagi siswa dapat ditingkatkan.

Dalam dialog tersebut Kasdam mengatakan Pancasila memiliki peran penting dalam pemilu yaitu implementasi kedaulatan rakyat bagi negara demokrasi dan sarana membentuk perwakilan politik pada pergantian pemimpin secara konstitusional.

Lanjut dijelaskan Kasdam, dewasa ini banyak marak terjadi gejala menurunnya nilai-nilai Pancasila. Untuk itu perlu adanya upaya menumbuhkan dan menggugah kembali nilai-nilai Pancasila di masyarakat khusunya bagi Mahasiswa/I sebagai generasi muda, salah satunya dengan Dialog dan Seminar Kebangsaan.

Selain itu Kasdam menutup materinya dengan penjelasan tentang netralitas TNI. Dikatakan TNI tidak memihak dan memberikan dukungan kepada Parpol / Paslon yang diusung serta tidak melibatkan diri dalam kegiatan politik praktis sesuai dengan instruksi Panglima TNI No. Ins/1/VIII/2023 Tanggal 21 Agustus 2023 tentang Pedoman Netralitas TNI dalam Pemilu & Pilkada.

Baca Juga:  Pangdam Pattimura Sambangi Satuan Elit Maluku

Kegiatan ditutup dengan pembacaan dan penandatanganan ikrar pemilu damai oleh setiap perwakilan OKP dan organisasi Mahasiswa. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *