Buka Baksos Satpol PP, Ini Pesan Wagub

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON – Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Nathaniel Orno membuka dengan resmi Bakti Sosial (Baksos) dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-72 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Ke-60, di Lapangan Merdeka Ambon, Rabu, 02/03/2022.

Adapun tema peringatan tahun 2022 adalah Profesional dan Berintegritas Mewujudkan Penyelenggaraan Trantibum Untuk Indonesia Maju.

Pembukaan Baksos di tandai dengan pemukulan tifa oleh Wagub yang didampingi Ketua DPRD Provinsi Maluku, Lucky Wattimury dan Wakil Walikota Ambon, Syarif Headler.

Pada puncak HUT Satpol PP kali ini akan dilaksanakan tiga kegiatan yaitu, aksi donor darah, vaksinasi massal, pembagian seribu paket APD berupa masker, vitamin C dan hand sanitiser serta paket sembako bagi peserta vaksinasi.

Wagub pada kesempatan itu memberikan apresiasi atas pelaksanaan Baksos Satpol PP ini.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Maluku, saya memberikan apresasi dan menyambut baik pelaksanaan Baksos dalam rangka menyongsong HUT Satpol PP ke-72 dan HUT Satlinmas ke-60 yang akan diperingati pada tanggal 3 Maret 2022,” ujarnya.

Ia mengatakan, dalam Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, telah menetapkan Satpol PP

sebagai salah satu perangkat daerah yang melaksanakan urusan wajib pelayanan dasar, dengan tugas pokok antara lain menegakan Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah, menyelenggarakan ketentraman masyarakat dan ketertiban umum, serta perlindungan kepada masyarakat.

Berkaitan dengan fungsi tugas tersebut, sebagai institusi yang berusia lebih dari setengah abad Satpol PP, kata Wagub, telah banyak berkontribusi bagi bangsa dan negara.

“Apalagi di era pandemi Covid-19, Satpol PP bersama-sama dengan jajaran TNI dan Polri, menjadi garda terdepan dalam menegakan disiplin protokol kesehatan di seluruh Indonesia, termasuk di Maluku,” terang Wagub.

Baca Juga:  Polresta Ambon Musnahkan 3500 Liter Sopi

Untuk itu, Wagub berharap, Baksos yang digelar saat ini, kiranya dapat dipertahankan dan berlanjut, sehingga Satpol PP semakin solid dalam melaksanakan tugas-tugas pengabdian bagi masyarakat.

Tak lupa, mantan Bupati MBD ini menyampaikan ungkapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan Baksos.

“Atas nama pemerintah daerah, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang turut mendukung bhakti Satpol PP ini. Terima kasih juga kepada seluruh Anggota Satpol PP Provinsi Maluku dan Kota Ambon, serta masyarakat yang turut terlibat dalam aksi donor darah dan vaksinasi massal yang digelar hari ini. Dan selamat ulang tahun Satpol PP ke 72,” tandas Wagub.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Provinsi Maluku, Andre Adrians melaporkan kegiatan Baksos Satpol PP tahun 2022 dalam rangka menyambut HUT Satpol PP ke-72 dan HUT Satlinmas ke-60 yang diperingati pada tanggal 3 Maret 2022, bertujuan untuk mewujudkan pengabdian Satpol PP bagi masyarakat dan kemanusian sekaligus meningkatkan citra Satpol PP di tengah masyarakat.

Kegiatan Baksos yang dilaksanakan di wilayah Kota Ambon ini, digagas melalui Kerjasama Satpol PP Provinsi Maluku dan Satpol PP Kota Ambon.

Baksos ini, jelas Andre, telah diawali dengan kegiatan baksos membersihkan lingkungan dan tempat ibadah pada tanggal 25 Februari.

“Dan pada puncak HUT Satpol PP hari ini dilaksanakan 3 kegiatan yaitu, aksi donor darah yang berasal dari ASN dan anggota Satpol PP Provinsi dan Kota Ambon, vaksinasi massal dan pembagian 1.000 paket APD berupa masker, vitamin c dan hand sanitizer pada 4 lokasi di wilayah Kota Ambon. Dan melalui kerjasama dengan BUMN, kami juga akan memberikan paket sembako kepada masyarakat yang divaksinasi,” tandas Andre.

Baca Juga:  Satgas Yonif RK 732/Banau Kodam XVI/ Patimura Dapatkan Senjata Organik Dari Masyarakat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *