Jadi Irup Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin, Indey Sampaikan Amanat Kapolri

  • Whatsapp

Saumlaki, SNI.ID – Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar Daniel Edward Indey, menjadi Inspektur Upacara (Irup) Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Salawaku pengamanan Natal 25 Desember 2022 dan Tahun Baru 1 Januari 2023, dilapangan upacara Polres setempat. Diawali dengan pengecekan kesiapan pasukan oleh Penjabat Bupati dan didampingi Kapolres AKBP. Umar Wijaya, Kamis (15/12/22).

Dimomen ini Penjabat Bupati membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.SI,.Hal penting yang menjadi amanat Kapolri yang di sampaikan Indey, adalah sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi Lilin 2022 baik pada aspek personal maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan Mitra Kamtibmas lainnya.

Dikatakan, laju pertumbuhan covid-19 di Indonesia telah terkendali, sehingga pemerintah berikan kelonggaran untuk aktifitas masyarakat termasuk perayaan Natal dan Tahun Baru. Mengingat hasil survey dari kementrian perhubungan bahwa jutaan orang akan lakukan pergerakan pada kedua momen ini, untuk itu polri dengan dukungan dari TNI, Pemda melakukan gelar pasukan terpusat dengan sandi operasi Lilin 2022, yang dimulai dari tanggal 22 Desember 2022 – 2 Januari 2023.

Alhasil, Kapolri menegaskan bagi para personil agar selalu berikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat dalam menjalankan momen Natal dan Tahun Baru, dengan mengantsipasi segala gangguan yang berpotensi menggangu Kamtibmas.

Terdapat beberapa poin yang disampaikan Kapolri menya gkut potensi gangguan yang harus diwaspadai. Diantaranya terkait kesehatan, keamanan, pengaturan arus lalu lintas baik di darat, laut dan udara.

Menurutnya, jangan sampai penyebaran covid-19 dengan varian baru angkanya tinggi. Antisipasi juga kemacetan, lakalantas, perhatikan keselamatan penumpang saat lakukan penyeberangan antar pulau, kepadatan di terminal dan pelabuhan. Pesan lain yang tatkalah penting ditekankan orang nomor satu di tubuh Polri ini adalah terkait kejahatan konvensional, karena kejahatan inilah uang paling tinggi mendomiansi tingkat kejahatan.

Baca Juga:  Gubernur Maluku Terima Penghargaan Pemda Terbaik Peduli Perlindungan Konsumen

Oleh sebab itu, harus ditingkatkan patroli pada objek vital dan sosialisasi agar semua pihak bisa meningkatkan keamanan standar dilingkungan maupun tempat umum.

“Jangan lupa akan ancaman terorisme. Kedepankan deteksi dini guna cegah aksi terorisme pada tempat ibadah maupun kantor-kantor dan tempat umum, serta juga siapkan tim tanggap bencana,” tandasnya.

Masalah stok bahan bakar minyak (BBM) dan kebutuhan pokok masyarakat juga tak luput dari perhatian serius dalam momen hari raya bagi umat Kristen se-Indonesia ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *