HUT Ke 24, Kodam Pattimura Tingkatkan Pelayanan Pendidikan 

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : Dalam rangka memperingati HUT yang ke-24, Kodam XVI/Pattimura menyelenggarakan serangkaian kegiatan. Salah satunya dibidang Pendidikan yaitu, Renovasi Gedung SD dan SMP Kartika XIII-1 Ambon yang berada di Jln dr. Tamaela, Kelurahan Waihaong, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon pada Rabu (10/5/2023).

Sekolah Yayasan Kartika merupakan salah satu sekolah binaan Kodam XVI/Pattimura, yang berdiri sejak 5 Agustus 1964 atas inisiasi Pangdam saat itu, yaitu Kolonel Boesiri. Dengan dibantu dukungan istrinya, dari sebidang tanah yang kosong beliau menyulapnya menjadi sebuah bangunan yang nantinya akan digunakan sebagai tempat mendidik putra-putri bangsa di Kota Ambon.

Sekolah yang sempat bernama SMA Achmad Yani Ambon ini, telah beberapa kali berganti nama sesuai nama yayasan sebagai Inang Pengasuhnya. Semulanya SMA Achmad Yani, kemudian berubah menjadi SMA Persit Kartika Chandra Kirana disingkat SMA KCK, sesudah itu SMA Kartika Achmad Yani, sesuai nama yayasan kemudian SMA Kartika VIII-1 Ambon sesuai Kodam VIII Trikora dan Kembali menjadi SMA Kartika XVIII-1 Ambon saat kembalinya Kodam XVI/Pattimura, dan berubah lagi menjadi SMA Kartika XIII-1 Ambon sampai sekarang.

Sementara itu, Kapendam XVI/Pattimura Kolonel Arh Adi Prayogo mengatakan mengingat begitu pentingnya sekolah tersebut sebagai salah satu upaya membangun pelayanan pendidikan sesuai pembukaan UUD 1945 yaitu ikut mencerdaskan kehidupan bangsa, Kodam XVI/Pattimura berkomitmen melaksanakan secara bertahap perbaikan gedung dan rehabilitasinya sekolahan tersebut.

Menurut Kapendam, perbaikan gedung sekolah yang representatif dapat meningkatkan layanan mutu pendidikan di satuan pendidikan yang ada.

Adapun pengerjaan hari ini berupa rehab ringan Aula, teras SMP dan teras SD yang dikerjakan oleh anggota Zidam XVI/Pattimura, dengan target pengerjaannya diperkirakan satu minggu.

Lanjut dikatakan, dengan adanya sarana prasarana (Sapras) yang memadai, tentunya dapat meningkatkan akses layanan dan mutu pendidikan, yang berdampak meningkatkan partisipasi pendidikan jenjang SD, SMP maupun SMA.

Baca Juga:  Brimob Gelar Apel Siaga, Antisipasi Gangguan Kamtibmas di Maluku

“Fasilitas sarana prasarana yang sudah dimiliki sekolah, agar digunakan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat memberikan kenyamanan proses belajar mengajar” harap Kapendam

Kepala sekolah SMA Kartika XIII-1 Ambon Ibu Dortea Adriansz S.Pd mengucapkan terima kasih kepada Kodam XVI/Pattimura terutama, kepada Bapak Pangdam dan Ketua Persit KCK PD XVI/Pattimura beserta jajaran atas perhatiannya kepada dunia pendidikan serta sarananya.

“Bantuan rehab gedung ini tentunya sangat membantu pihak sekolah dalam memenuhi standar pelayanan khususnya, dalam proses kenyamanan belajar dan mengajar di sekolah ini. Kami mewakili Sekolah Yayasan Kartika XIII-I Ambon mengucapkan, Dirgahayu Kodam XVI/Pattimura ke-24, semoga Kodam semakin maju dan kuat serta semakin dicintai Rakyat”, tutupnya. (SNI-01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *