Bakamla Zona Maritim Gelar Pembinaan Relawan Penjaga Laut Nusantara

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : Dalam memperkuat keamanan dan keselamatan di Laut, Zona Bakamla Timur melaksanakan pembinaan relawan penjaga laut nusantara, di aula salah satu hotel di Kota Ambon, Senin (10/7/2023).

Kepala Zona Bakamla Timur Laksma Bakamla Dr. Drs. Haris Djoko Nugroho, M.Si. CIQaR juga bersama seluruh personel Zona, Pangkalan dan Stasiun Ambon melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat pesisir pada wilayah perairan Ambon dengan melaksanakan pembinaan Relawan Penjaga Laut Nusantara (Rapala).

Pembinaan Rapala ini akan dilaksanakan secara 2 (dua) hari pada 10 dan 11 Juli 2023 dengan mengambil tema “Pembinaan Rapala Tanggap Bencana” dan “Sosialisasi Psikologi Sosial Pasca Bencana”.

Pada kesempatan itu, Kepala Zona Bakamla Timur Laksma Bakamla Haris Djoko Nugroho dalam sambutannya mengatakan bahwa posisi strategis perairan wilayah Maluku yang 92 persen merupakan lautan mempunyai sumber daya dan potensi kelautan yang melimpah.

Menurut Kazona, hal tersebut adalah salah satu anugerah yang dimiliki Provinsi Maluku dan perlu kita jaga kelestarian laut serta sumber daya di dalamnya.

“Dalam menjaga sumber daya dan potensi alam tersebut diperlukan kepedulian, pengetahuan masyarakat serta sinergi dan kerja sama antara masyarakat dengan pemerintah yang diwujudkan dalam suatu tindakan nyata dan berdampak positif,”kata Kazona.

Kazona juga menambahkan peran pemerintah dalam melakukan pembinaan dan komunikasi kepada masyarakat, merupakan salah satu upaya untuk menjaga kelestarian sumber daya dan potensi kelautan yang di Perairan Ambon.

Untuk diketahui, acara ini menghadirkan pembicara dari stakeholder yang ahli pada bidangnya, yaitu BPBD Prov. Maluku dan Basarnas Ambon.

Narasumber dan Pembicara dari BPBD Prov. Maluku diwakili oleh John M. Hursepuny, AP., M.Si Kabid. Pencegahan dan Kesiapsiagaan dan Fretha J. Kayadoe, ST., M.Si(Han) Analis Kebencanaan Ahli Muda. Sedangkan Narasumber dan Pembicara dari Basarnas Ambon diwakili oleh Fredy Piris, S.Sos., M.Si. Penata Kelola Pencarian dan Pertolongan dan Adriano Stenhard Tuhuleruw Rescuer Terampil.

Baca Juga:  Jelang Nataru, Basarnas Ambon Siagakan SAR Khusus Laut dan Personil

Dalam Kegiatan ini dipinjam pakaikan Handy Talky dan GPS sebagai penunjang Rapala dalam membantu tugas, pokok dan fungsi dari Bakamla RI khususnya pada Wilayah Perairan Ambon.

Turut hadir dalam acara ini 30 (tiga puluh) anggota Rapala Ambon, serta tamu undangan diantaranya perwakilan dari Walikota Ambon yang dihadiri oleh Sekretaris Kesbangpol Kota Ambon Muis Latuconsina, S.H. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *