Ratusan Siswa Angkasa Lanud Pattimura Ikut AMSO

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : 480 siswa sekolah angkasa Lanud Pattimura mengikuti Angkara Mathematic dan Science Olympiad (AMSO), Selasa (15/11/2022) mengikuti seleksi awal.

Dari hasil seleksi ini akan terpilih nantinya perwakilan yang akan mengikuti pada tingkat nasional nanti. Seleksi yang diikuti 480 siswa terdiri dari 50 siswa SD Angkasa, 201 siswa SMP Angkasa dan 216 siswa SMA Angkasa.

Komandan Lanud Pattimura Kolonel Pnb Tiopan Hutapea bertindak selaku inspektur apel dan secara resmi membuka langsung AMSO tersebut diawali dengan upacara dan penyerahan soal AMSO kepada Kepala SD Angkasa, Kepala SMP Angkasa dan Kepala SMA Angkasa didampingi oleh Ketua Pia Ardhya Garini Garini

Danlanud dalam arahannya mengatakan, untuk meningkatkan mutu sekolah salah satunya dengan menyelenggarakan kegiatan AMSO. Olimpiade mata pelajaran merupakan kegiatan yang menantang bagi setiap siswa dikarenakan dalam olimpiade tersebut membutuhkan penalaran dan pemahaman tingkat tinggi pada daya pikir siswa.

“Kegiatan Olimpiade mata pelajaran ditujukan agar peserta didik dapat mengembangkan daya pikir bakat dan kemampuan di berbagai pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari melalui angkasa matematika pertama menyediakan Wahana bagi siswa jenjang SD atau MI, SMP dan SMA,” Ujar peraih gelar magister administrasi publik Universitas Merdeka Malang tahun 2017.

Hutapea yang pernah mengikuti sesko TNI angkatan 46 tahun 2019 yang kini berdinas di Lanud Pattimura ini menyebutkan, ini dilakukan agar sekolah angkasa untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang matematika, IPA dan IPS.

“Ini juga memotivasi siswa untuk selalu meningkatkan kemampuan intelektual emosional spiritual berdasarkan norma-norma yang sehat sehingga siswa dapat memacu kemampuan bernalar. Memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran matematika IPA dan IPS keempat sebagai sarana mempersiapkan dan menumbuhkan kader-kader juara siswa sekolah angkasa untuk menjadi individu generasi bangsa yang kreatif dan mandiri agar mampu bersaing internasional, ” Ungkap lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1996.

Baca Juga:  Lewerissa Optimis Bahlil Lahadalia Bisa Pacu Iklim Investasi di Indonesia

Olehnya itu, melalui kegiatan AMSO ini maka terbukti dapat memotivasi dan terbukti pada pelaksanaan tahun lalu dapat memotivasi siswa untuk bersaing dan berkompetisi dengan sekolah lainnya sehingga dapat mendongkrak mutu sekolah angkasa dalam rangka menyiapkan generasi emas Indonesia yang akan mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang maju dan sejahtera tanpa orang-orang yang berpendidikan.

Olehnya itu, malalui kegiatan AMSO ini maka terbukti dapat memotivasi dan terbukti pada pelaksanaan tahun lalu dapat memotivasi siswa untuk bersaing dan berkompetisi dengan sekolah lainnya sehingga dapat mendongkrak mutu sekolah angkasa dalam rangka menyiapkan generasi emas Indonesia yang akan mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang maju dan sejahtera tanpa orang-orang yang berpendidikan.

Perwira AU yang memiliki sederetan jenjang karier juga berjanji akan memberikan bonus jika peserta yamg lolos dan memperoleh nilai tinggi akan mendapat kesempatan berkunjung ke luar Maluku.

Danlanud menyebutkan selaku Pembina yasari ini cabang Lanud Pattimura mengucapkan terima kasih kepada ketua cabang maupun pengurus serta semua pihak yang telah memberikan dukungan dan fasilitas atas terselenggaranya AMSO Tahun 2022.

“Kegiatan ini dimulai dari babak penyisihan sampai babak final nanti. Kepada tim juri atau tim penilai saya mengucapkan terima kasih dan saya percaya integritasnya untuk memberikan penilaian dan perjuangan yang objektif kepada anak-anakku peserta Olimpiade Selamat mengikuti AMSO ini,”ucapnya.

Danlanud mengatakan laksanakanlah olimpiade ini dengan senang hati dan motivasi yang tinggi selain menguji dan mengasah intelektual kalian di bidang ilmu pengetahuan tertentu.

“Olimpiade ini juga melatih kalian untuk berkompetisi dalam meraih mimpi masa depan yang gemilang bagaimanapun dunia masa depan penuh dengan persaingan atau kompetisi,”katanya.

Oleh sebab itu, Kata Danlanud, mulai sekarang kalian harus dilatih dan disiapkan untuk menghadapi kompetisi tersebut dengan kemampuan dan kompetisi diri dalam bidang ilmu pengetahuan.

Baca Juga:  Hari Kedua Kunker, Kasad Tinjau Rumkit Latumenten Ambon

Menurut Danlanud, sebagaimana sebuah kompetisi Olimpiade ini Tentunya ada yang menjadi juara atau yang menang dan ada juga yang kalah bagi yang menang.

“Saya ucapkan selamat dan teruslah berkarya bagi yang belum berhasil Jangan berputus asa tetaplah bersemangat dan belajar lebih giat lagi kekalahan itu adalah kemenangan yang tertunda,”ujarnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini dihadiri langsung oleh Ketua Cabang Ardhya Garini
Cabang Lanud Pattimura dan sejumlah ibu-ibu pengurus Arhdya Garini. (SNI-01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *