Kukuhkan Kasatkamling, Kapolresta: Kasatkamling Miliki Peran Penting Bantu Permasalahan Masyarakat

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : Kasatkamling mempunyai peran penting dalam membantu berbagai permasalahan masyarakat di wilayah hukum Polresta Ambon dan Pulau-Pulau Lease, oleh karena itu Kapolresta Ambon Kombespol Raja Arthur L Simamora S.IK, mengukuhkan Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Kasatkamling) yang berada di wilayah hukum Polresta Ambon.

Pengukuhan Anggota Satuan Tugas Linmas (Satgas Linmas) Kota Ambon digelar di Lapangan Apel Mapolresta Ambon, Rabu (21/6/23).Pengukuhan di tandai dengan Pemberian Piagam Penghargaan Kepada Bhabinkamtibmas sebagai Pembina satgas linmas.

Usai mengukuhkan Kasatkamling, Kapolresta Ambon dalam arahannya mengatakan Linmas mempunyai peran penting dalam membantu Kepolisian dalam menyelesaikan yang ada di masyarakat. Kegiatan ini sangat bermanfaat dalam tugas dapat membantu aparat keamanan dalam menanggulangi tindak kriminal yang terjadi seperti pencurian, perampokan dan berbagai tindak kriminal yang terjadi di desa.

”Bantuan sekecil Apapun dalam mewujudkan suatu daerah atau lingkungan tempat tinggal menjadi aman dan nyaman akan sangat bermanfaat bagi keberlangsungan Situasi Kamtibmas tetap kondusif ”Kata Kapolresta.

Kapolresta juga mengungkapkan tidak lama lagi pelaksanakan pemilu serentak akan digelar, untuk itu perlu adanya kerja sama yang baik antara satlinmas dan aparat penegak hukum.

“Saya berharap semoga setelah dilakukan pengukuhan Satkamling di Wilayah Hukum Polresta Ambon tersebut dapat senantiasa bisa membina masyarakat pada pemilu yang akan datang,”harapnya.

Kapolresta juga mengingatkan pada tim Satkamling yang telah dikukuhkan agar selalu melaksanakan tugas sesuai tupoksinya dengan penuh rasa tanggung jawab ke depannya. Karena Satuan Keamanan Masyarakat (Satkamling) merupakan perpanjangan tangan pemerintah yang berwenang menjaga kondusifitas di wilayah masing – masing baik Desa maupun kelurahan.

“Sarkamling melaksanakan tugas membantu penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, membantu memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, membantu kegiatan sosial kemasyarakatan, membantu memelihara ketentraman dan ketertiban pada saat pemilihan kepala desa, pemilihan kepala daerah, dan pemilihan umum,”ungkapnya.

Baca Juga:  Dewan Pengawas BPJS Kesehatan Layani Peserta Hingga ke Pulau Seram

Menurut Kapolresta, membentukan satgas kamling ini merupakan langkah awal dalam upaya ke depan terkait pembinaan, peningkatan kapasitas serta peran anggota Satkamling di wilayah hukum Polresta Ambon. Diharapkan nantinya anggota Satkamling ini dapat mengambil bagian dalam upaya pembinaan, selain membantu keamanan, ketentraman dan ketertiban umum dan penanggulangan dan pencegahan bencana.

“Melalui pengukuhan Satgas Kamling ini yang anggotanya merupakan orang-orang terbaik di bidang nya masing-masing, dengan pengalamannya, dapat mendorong peningkatan kemampuan anggota Kamling melalui pembinaan, merubah stigma negatif, mengundang penilaian positif sehingga keberadaan anggota Satkamling layak diperhitungkan,”ujarnya.

Pengukuhan dihadiri oleh Direktur Binmas Polda Maluku, Sekot Ambon, perwakilan Dandim 1504/Ambon, Waka Polresta Ambon, PJU Polresta Ambon dan serta peserta pengukuhan Kasatkamling. (SNI-01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *