Polda Maluku Gelar Latihan Praoperasi Pekat Salawaku 2024

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON – Polda Maluku melaksanakan Latihan Praoperasi Kepolisian Kewilayahan dengan sandi Pekat Salawaku 2024. Kegiatan ini berlangsung di gedung Rupattama lantai 5 Polda Maluku yang dihadiri oleh personel dari Polda Maluku dan Polres/ta Jajaran.

Latihan praoperasi dipimpin oleh Kabag Dalops Roops Polda Maluku AKBP Legawa Utama, S.I.K. Ia didampingi Kasubdit I Ditreskrimum dan PS. Kasubdit Gasum Ditsamapta Polda Maluku.

Pelatihan praoperasi bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personel dalam memberantas penyakit masyarakat demi terciptanya situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (sitkamtibmas) yang aman sepanjang tahun 2024.

Operasi Pekat Salawaku Polda Maluku akan berlangsung selama 10 hari, sejak tanggal 15 hingga 25 Mei 2024.

Kabag Dalops Roops Polda Maluku dalam sambutannya menekankan bahwa penyakit masyarakat seperti perjudian, minuman keras, kepemilikan senjata tajam, aksi premanisme, pencurian dengan kekerasan, prostitusi, dan penyalahgunaan narkotika merupakan faktor pemicu terjadinya instabilitas kamtibmas yang perlu mendapat perhatian khusus.

AKBP Legawa berharap operasi ini juga dapat menciptakan situasi yang aman menjelang perayaan Hari Kebangkitan Nasional, Reformasi Nasional, dan Hari Raya Waisak 2568.

Untuk mencapai hasil maksimal dalam operasi ini, AKBP Legawa menginstruksikan beberapa langkah strategis. Seperti Satgas Preemtif melakukan deteksi dini dan identifikasi masalah pada sasaran orang, benda, lokasi, dan kegiatan. Juga melakukan survei dan pemantauan untuk mengidentifikasi pola-pola aktivitas ilegal.

Untuk Satgas Preventif, melakukan razia pada sasaran orang, benda, lokasi, dan kegiatan sesuai dengan protap Polri dan peraturan perundang-undangan. Juga mengoptimalkan pengawasan dan pengendalian personel di lapangan serta patroli di tempat-tempat yang dikenal sebagai pusat kegiatan penyakit masyarakat.

Sedangkan Satgas Gakkum, melakukan penyelidikan dan penyidikan secara transparan terhadap pelaku tindak pidana yang terjaring dalam operasi ini. Selain itu, juga bisa mengoptimalkan patroli siber untuk mendukung pelaksanaan operasi kepolisian.

Baca Juga:  Pangdam Terima Audiensi Komunitas Basudara Maluku Global Bahas Kemajuan Perolahragaan di Maluku

Sementara untuk Satgas Banops, melaksanakan tugas dan perannya guna membantu menciptakan situasi yang aman dan kelancaran kegiatan operasi Pekat Salawaku 2024.

“Dengan pelatihan ini, Polda Maluku dan jajarannya berkomitmen untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat, serta menindak tegas segala bentuk penyakit masyarakat yang meresahkan,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *