Waspada Omicron, Lantamal IX Gelar Vaksinasi Booster

  • Whatsapp

AMBON, SNI.ID : Lonjakan konfirmasi positif covid-19 di wilayah Ambon Maluku dalam beberapa hari terakhir mengharuskan kita lebih waspada dan meningkatkan protokol kesehatan.

Lantamal IX menggelar vaksinasi booster kepada prajurit dan PNS di Mako Lantamal IX Halong Ambon. Senin, (31/01/2022).

Untuk sementara penerima vaksinasi booster berusia 18 tahun ke atas dan telah mendapatkan vaksinasi primer dosis lengkap minimal 6 bulan sebelumnya.

Vaksinasi booster adalah vaksinasi COVID-19 setelah seseorang mendapat vaksinasi primer dosis Lengkap yang ditujukan untuk mempertahankan tingkat kekebalan serta memperpanjang masa perlindungan.

Vaksinasi booster dilakukan melalui dua mekanisme yaitu mekanisme Homolog, yaitu pemberian vaksin booster dengan menggunakan jenis vaksin yang sama dengan vaksin primer dosis lengkap yang telah didapat sebelumnya.

Sementara itu, mekanisme Heterolog, yaitu pemberian vaksin booster dengan menggunakan jenis vaksin yang berbeda dengan vaksin primer dosis lengkap yang telah didapat sebelumnya.

Pemberian dosis lanjutan atau booster untuk meningkatkan proteksi individu terutama pada kelompok masyarakat rentan.

Lantamal IX Ambon menerjunkan 10 tenaga medis/ petugas vaksinator dengan mengusung target 100 dosis, menggunakan vaksin jenis PFizer. Meskipun hari ini sasaran kegiatan untuk vaksinasi Booster, namun tim vaksinator juga menyiapkan untuk vaksin pertama ataupun vaksin ke dua.

Vaksin dapat memberikan pertahanan dan perlindungan dari berbagai penyakit infeksi yang berbahaya terutama untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid 19.

Meskipun telah divaksin, kita harus tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah sebaran virus covid 19. (SNI-01)

Baca Juga:  Percepat Penanganan Covid-19, Lantamal IX Ambon Kerja Nyata Melalui Vaksinasi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *