Umat Budha di Ambon Rayakan Waisak

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : Umat Budha di Kota Ambon merayakan Hari Raya Tri Suci Waisak 2567 TB/2023, Minggu (4/6/23) pagi.

Persembahyangan Waisak di pusatkan di Vihara Swarna Giri Tirta, di kawasan Gunung Nona, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan sembahyang puja bakti yang dimulai pukul 09.00 hingga 11.00 WIT. Dengan mengusung tema “menjaga moral, menjaga keluhuran bangsa”.

Ketua Walubi Maluku Wilhelmus Jauwerissa mengatakan umat budha senantiasa akan membuat suatu ritual prosesi di Borobudur, sebagaimana diketahui rencana Pemerintah ke depan. Borobudur adalah destinasi parawisata yang menjadikannya destinasi religius sebagai keyakinan budha .

“Maka untuk melihat hal itu secara internasional, bahwa kita mempunyai suatu lokasi yang religius. Tahun 2023 ini semua difokuskan ke Borobudur, sehingga kita melihat pada media-media, prosesi dari luar negeri yang di mobilisasi dari luar negeri datang hanya untuk berdoa dalam rangka Tri Suci Waisak,”kata Jauwerissa kepada wartawan.

Menurut Jauwerissa, dengan harapan Borobudur menjadi satu tempat yang religius untuk menarik pariwisata berkunjung ke Indonesia. Karena Borobudur sudah dinyatakan terlupakan, sehingga pemerintah dengan keyakinan agama Buddha ingin mengembangkan kembali. Bahwa Indonesia ingin memiliki destinasi religius yaitu Candi Borobudur Indonesia.

Oleh karena itu, Jauwerissa menjelaskan penekanan di sini adalah masalah implementasi budha dharma dalam kehidupan sehari-hari.

“Sebagaimana kita tahu bersama bahwa dengan pengembangan teknologi, keterbukaan dan sebagainya. Maka manusia telah merubah paradigma terlebih pada anak muda dan orang tua yang memanjakan anak-anak hingga moralitas dan etika itu sudah diabaikan sama sekali. Kalau moralitas dan etika itu tidak diabaikan, maka kita sudah akan mencapai titik kehancuran,”jelasnya.

Jauwerissa menambahkan generasi muda atau penerus yang dapat membangun kembali menjaga harkat dan martabat.

Baca Juga:  Tingkatkan Kemanunggalan, Babinsa Tulehu Kerja Bakti Dengan Warga Bangun Jalan Setapak

“Oleh karena itu dengan harapan di Waiksak ini, kita dapat membangun kembali persatuan dan kesatuan demi perdamaian yaitu kembangkan moralitas etika, sesuai dengan keyakinan yang ada pada masing-masing,”tutupnya.(SNI-02)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *