Stabilisasi Harga Bapok, Dinas Ketahanan Pangan Maluku Gelar Gerakan Pangan Murah

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : Dinas Ketahanan Pangan Maluku menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM), di Pasar Batu Merah Ambon, Senin (26/6/23).

GPM digelar dalam menjaga inflasi daerah serta menstabilkan harga bahan pokok (bapok) jelang Idul Adha Tahun 2023.

GPM digagas oleh Badan Pangan Nasional secara serentak dan sekaligus dilakukan pemecahan Rekor MURI untuk kategori gerakan pangan yang diadakan di 340 titik di Indonesia.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Maluku Achmad Jais Ely mengungkapkan Gelar Pangan Murah dilaksanakan secara nasional dari tanggal 26 sampai 27 Juni 2023 dan di Maluku akan dilaksanakan pada dua titik yaitu di Pasar Mardika dan Pasar Batu Merah dengan menggandeng Perum Bulog Maluku, serta beberapa distributor diantaranya CV. LimaSatu, dan CV. Makmur Abadi.

“Gerakan Pangan Murah bertujuan untuk stabilisasi pasokan dan harga pangan ini, Pemerintah Maluku melalui Dinas Ketahanan Pangan menggandeng enam distributor untuk menjual berbagai kebutuhan pokok dengan harga murah kepada masyarakat menjelang Idul Adha 1444 Hijriah,”ungkap Ely.

Elly juga memastikan, kegiatan ini akan digelar secara rutin demi menyediakan pangan murah dan berkualitas kepada masyarakat.

“Harga yang ditawarkan pada pasar murah ini, jauh dibawah harga pasar dan kita lakukan kegiatan ini untuk membantu masyarakat menjelang Perayaan Idul Adha 1444H tahun 2023,” jelasnya.

Elly juga mengatakan kegiatan ini sungguh mendapat perhatian dari masyarakat, dan itu terbukti sejak pagi hari pukul 7.00 WIT masyarakat sudah antrian di lokasi pasar murah untuk dapat membeli sejumlah komoditas yang dijual.

“Pelaksanaan pasar murah di lokasi pasar Batu merah ini agar lebih dekat dengan masyarakat, apalagi pasar Batu merah yang terbesar di Kota Ambon disamping berdekatan dengan terminal mobil angkutan dalam kota maupun antar kabupaten dan negeri, sehingga bisa menyebarkan informasi bahwa ada kegiatan pasar murah pangan,”katanya.

Baca Juga:  Wakapolda Maluku Kunjungi Masyarakat Nelayan di Dusun Seri

GPM yang dilaksanakan di pasar Batu Merah Ambon ini, terdapat sejumlah bahan pokok yang dijual.

Bahan pokok itu meliputi beberapa komoditi yang dijual dengan harga murah yakni beras medium Rp50.000 per lima kilogram, beras premium Rp70.000 per lima kilogram, minyak goreng Rp13.000 per liter, Telur Rp57.000 per rak, bawang merah Rp31.000 per kilogram, bawang putih Rp32.500 per kilogram, dan gula pasir Rp13.500 per kilogram. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *