Kodim 1504/Ambon Dukung Peringatan Penaikan Bendera Merah Putih Pertama Kali di Maluku Ke-74 Tahun

  • Whatsapp

SNI.ID, MALTENG – Kodim 1504/Ambon mendukung terselenggaranya peringatan penaikkan bendera merah putih pertama kali di Maluku ke-74 tahun, penaikkan bendera ini pernah di naikkan pada tanggal 27 Desember 1949 dan kini di gelar kembali di lokasi kediaman Raja Negeri Hitu Messing, Kec. Leihitu, Kab. Malteng, Rabu (27/12/2023).

Peringatan penaikan bendera merah putih pertama di Maluku ke-74 tahun 2023 ini, memiliki makna yang tersendiri dan patut dibanggakan serta disyukuri, berkat usaha perjuangan dan pengorbanan dari para leluhur.

Gubernur Maluku dalam sambutannya menegaskan pada intinya atas nama pemerintah daerah provinsi Maluku, dirinya menyambut baik serta memberikan apresiasi kepada seluruh pihak khususnya Raja Hitu Messing yang telah berkontribusi dalam mensukseskan acara ini semoga melalui pembentukan upacara ini kiranya dapat meningkatkan nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme anak-anak bangsa yang ada diwilayah ini pada khususnya.

“Saya menekankan bahwa kita harus belajar dari semangat persatuan dan kesatuan yang diwariskan oleh para pendahulu kita khususnya mereka yang terlibat langsung dalam perjuangan bendera merah putih ini,”tegasnya.

Gubernur menghimbau kepada masyarakat di daerah Leihitu untuk terus menjaga ketertiban serta solidaritas antar pulau. Dirinya meyakini masyarakat di kecamatan Leihitu menunjukkan komitmen dan dukungannya dalam mensukseskan program-program kerja pemerintah provinsi Maluku maupun pemerintah kabupaten Maluku Tengah dan pemilihan umum tahun 2024 sehingga dapat berlangsung dengan aman lancar dan sukses.

Dalam kesempatan tersebut, Danramil 1504-05/Leihitu Kapten Inf Dewa Agung menjelaskan kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati ke 74 tahun dinaikannya bendera merah putih yang pertama kali di Maluku, pada tanggal 27 Desember 1949 kini dilaksanakan kembali di lokasi halaman kediaman rumah Raja Negeri Hitu Messing, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah.

Baca Juga:  Polda Maluku akan Gelar Operasi Keselamatan Salawaku 2024

“Terselenggaranya kegiatan tersebut merupakan bentuk sinergitas dan kerja sama yang baik antara Kodim 1504/Ambon dan jajaran Koramil 1504-05/Leihitu di wilayah, bersama dengan pemerintah setempat di lingkup Negeri, Kecamatan, serta partisipasi dan antusias masyarakat Negeri Hitu Messing,”jelasnya.

Danramil menambahkan Kodim 1504/Ambon dan jajaran Koramil 1504-05/Leihitu, sebelumnya sudah melakukan tahapan persiapan dalam rangka menyongsong kegiatan tersebut, dimulai dari di gelarnya karya bakti guna penyiapan lokasi tempat upacara, sampai ke tingkat teknis susunan pelaksanaan upacara yang dilaksanakan pada hari ini.

“Kegiatan upacara penaikan bendera merah putih pertama di Maluku ini, bertujuan untuk menumbuhkan rasa kebanggaan dan kecintaan masyarakat Leihitu khususnya bagi putra-putri Negeri Hitu Messing terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),”tutupnya.

Untuk di ketahui, Lapangan upacara diwarnai oleh barisan pasukan upacara yang tampak tegap dan rapih dari tiga matra TNI AD, TNI AL, juga TNI AU, kemudian disusul oleh barisan Polri, Pemuda dan pelajar, rincinya 1 (satu) SSR dari Yonif 733/Masariku, 1 (satu) SSR dari Satuan Brimob Polda Maluku, 1 (satu) SSR dari Polsek Leihitu, 1 (satu) SSR Angkatan Laut (AL), 1 (satu) SSR Angkatan Udara (AU), 2 (dua) SSR Siswa SMP dan SD, 1 (satu) SSR pemuda panca marga.

Selaku inspektur upacara (Irup) adalah Gubernur Maluku (Irjen pol. Purn Drs H. Murad Ismail), sebagai Komandan Upacara adalah Mayor Kav, Panji Prawira Asa Kusuma, (Pasiops Kodim 1504/Ambon), selaku Perwira upacara sendiri Kapten Inf I Dewa Agung (Danramil 1504-05/Leihitu).

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Gubernur Maluku (Irjen pol. Purn Drs H. Murad Ismail), Pangdam XVI/ Pattimura yang diwakili Kolonel Czi Ahmad Yusa (Pamen Ahli Kodam XVI Pattimura), Kapolda Maluku yang di wakili AKBP Dostan Siregar (Dansat Brimob Polda Maluku), Brigjen Pol Drs Raden Rudi Marfianto S.H (Kepala BNN), Danlantamal IX Ambon yang diwakili kolonel Laut (KH) Saepudin S.ip (Aspers), Danlanud Patimura yang diwakili Mayor Agung (Kadislog lanud Patimura), Kabag Ops Binda Maluku (kolonel Cpm. Jhoni kuswaryanto S.H ), Dandim 1504/Ambon (Letkol Inf Leo Octavianus MS, S.sos., M.I.Pol), Bupati Maluku Tengah (Dr. Rakib Sahubawa S.Pi., M.SI.), Camat Leihitu (Sigit Sanduan), Iptu Moyo Utomo (Kapolsek Leihitu), Raja se- Kecamatan Leihitu, para Veteran, Pemuda panca marga, Kepala sekolah tingkat SD, SMP dan SMA, para tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat, lokasi kegiatan tersebut juga dipenuhi oleh masyarakat Negeri Hitu Messing. (*)

Baca Juga:  Gelar Rakorcab, PKB Ambon Deklarasi Menangkan AMIN di 2024

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *