Kodam Pattimura Gelar Monitoring Malam Pergantian Tahun Baru 2024

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : Perayaan malam pergantian Tahun Baru 2024 di Provinsi Maluku dan Maluku Utara, berlangsung aman dan kondusif. Di wilayah Maluku, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial, PSC., M.Tr.(Han)., bersama Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Murad Ismail dan Forkopimda Maluku, melakukan pemantauan pengamanan Tahun Baru 2024 di kota Ambon, Minggu (31/12/2023).

Patroli pemantauan tersebut, dimulai dari Makodam XVI/Pattimura menuju Gereja Kathedral-Makorem-RST dr. J. A Latumeten-Gereja Rehobot-Polsek-Gong Perdamaian-Jembatan JMP-Patung Dr. J Leimena-Mall MCM dan finish di Mapolda Maluku.

Kegiatan serupa juga, dilaksanakan diwilayah Ternate yang dipimpin oleh Danrem 152/Baabullah Brigjen TNI Elkines Villando Dewangga bersama Forkopimda Malut.

Usai melaksanakan patroli, kegiatan dilanjutkan dengan Vicon pemantauan pengamanan perayaan malam Tahun Baru 2024 bersama Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., dan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., di Gedung Presisi Polda Maluku.

Vicon dimulai dengan laporan situasi Kepala OPS Lilin 2023, yang meliputi laporan objek PAM, kejadian menonjol, rencana rekayasa laka lalin, arus balik dan kesiapan Tahun Baru.

Kemudian, Panglima TNI dan Kapolri serta beberapa pejabat Kepala Instansi terkait, berinteraksi dengan perwakilan sejumlah Polda yang ada di Indonesia, termasuk wilayah Maluku. Panglima TNI menyapa dan menanyakan situasi keamanan terkini di beberapa wilayah.

Panglima TNI juga menghimbau, untuk memperhatikan faktor keamanan, khususnya wisatawan yang berpergian jauh.

“Laksanakan koordinasi melekat hingga ketingkat bawah secara berjenjang, jika terjadi insiden”, ujar Panglima TNI.

Di tempat terpisah, Kodam XVI/Pattimura menggelar Acara Siaga, bertempat di Lapangan Indoor Tapal Kuda, guna memantau keamanan sekaligus menyambut malam pergantian Tahun Baru 2024.

Kegiatan ini diisi dengan hiburan musik dari Ajendam XVI/Pattimura, juga dilaksanakan lomba catur dan lomba gaplek, yang tidak lain tujuannya untuk memeriahkan malam pergantian tahun.

Baca Juga:  Pangdam XVI/Pattimura Tutup Pendidikan Secata TNI AD Gel II TA. 2020

Yang keluar sebagai juara pada lomba catur yaitu, Satuan Topdam XVI/Pattimura sebagai juara pertama, kemudian juara dua Bekangdam XVI/Pattimura dan juara tiga dari Paldam XVI/Pattimura. Sedangkan juara gaplek, dimenangkan oleh Satuan Zidam XVI/Pattimura sebagai juara pertama, kemudian juara dua Puskodalopsdam XVI/Pattimura, dan juara tiga diraih oleh Satuan Kumdam XVI/Pattimura.

Pada puncak acara, Pangdam dan Prajurit  yang hadir pada acara tersebut, turut menyaksikan kembang api disekitaran Pantai Balai Emas Putih (BEP), Tapal Kuda.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Agung Pambudi, Irdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Dadang Rukhiyana, para Asisten Kasdam XVI/Pattimura, para Pamen Ahli Pangdam, para Dansat dan Kabalakdam XVI/Pattimura. Hadir pula Ketua Persit Daerah XVI/Pattimura Ny. Shinta Syafrial beserta pengurus. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *