Kanim Ambon Gelar Deklarasi Janji Kinerja dan Penandatangan Pakta Integritas

  • Whatsapp

AMBON, SNI.ID : Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Ambon berkomitmen membangun zona integritas. Deklarasi Janji Kinerja Penandatanganan Pakta Integritas Serta Komitmen Bersama Membangun Zona Integritas dengan tema” Kita Tingkatkan Kinerja Kemenkumham Semakin Pasti dan Berakhlak Mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional dan Reformasi Struktural,”.

Kegiatan ini berlangsung di Aula Lantai II Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon, Kamis (20/1/21).

Sebelum penandatangan Pakta Integritas, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon, Armand Armada Yoga Surya, memimpin pembacaan janji kinerja yang diikuti seluruh staff dan pegawai.

Pada kesempatan itu, dalam arahannya, Inspektur Wilayah (Irwil) II Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI, Icon Siregar, menyampaikan beberapa hal penting kepada jajaran Kanim Ambon.

Ia mengatakan dalam deklarasi janji kinerja yang telah diucapkan, salah satu poinnya yaitu menjaga kesehatan. Tujuannya agar semua pegawai bisa menjalankan tugas secara maksimal.

“Tentunya kita harus selalu giat bekerja dan laksanakan janji kinerja. Walaupun kita ketahui covid-19 masih ada, bahkan turun naik , dan juga ada varian baru, yang di prediksi bulan Januari hingga Maret ada kemungkinan meningkat,” kata Inspektur Wilayah (Irwil) II Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI, Icon Siregar dalam sambutannya.

Ia juga mengingatkan, tentang janji kinerja yang telah di tandatangani, yang merupakan salah satu langkah yang harus di apresiasi karena ini turunan dari pusat dan telah di laksanakan.

Artinya semuanya sudah berkontribusi, tetapi bukan berarti setelah ditandatangani dan selesai, tetapi harus dilakukan dengan serius.

“Tentunya ada persiapan-persiapan dan langkah-langkah yang kita lakukan. Barometernya tahun 2021 apa -apa saja yang belum terlaksana, dan apa apa saja yang jadi kendala, termasuk isu isu dan bagaimana penanganannya dan pelaksanaannya. Itu menjadi barometer kita di 2022, tentunya ini harus kita meeting supaya apabila ada persoalan atau isu yang sama, kita bisa cepat mengatasinya,”tandasnya.

Baca Juga:  Ikuti Karya Ilmiah Al-Qur'an MTQ XXIX, Enam Finalis Tuntaskan Presentasi

Ia menjelaskan semua harus mempersiapkan diri di tahun 2022 untuk terus maju dan lebih berakhlak dari tahun sebelumnya.

“Mari kita persiapkan diri, tentunya dengan membuat kalender kerja, program kerja dan pelaporan kerja.

Apalagi disini temanya, kita tingkatkan kinerja kemenkumham semakin pasti dan berakhlak mendukung program pemulihan ekonomi nasional dan reformasi stuktural,”jelasnya.

Ia mengungkapkan semakin pasti maka semua pihak akan dapat menjadi profesional, akuntabel ,transparan dan inovasi. Sedangkan berakhlak, berarti perbuatan dan perkataan harus sejalan.

“Integritas itu kalau sejalan perbuatan dan perkataan. kalau saya bilang, itu takut akan Tuhan. Perkataan dia dan perlakukan dia dan prakteknya dia itu harus sejalan,”ungkapnya.

“Jadi mari kita sama-sama membangun kementrian kita ini supaya menjadi berakhlak ,menjadi pasti,”sambungnya.

Ia juga mengatakan dalam pelaksanaannya, Kanim Ambon di tuntut memberikan pelayanan publik yang sebaik-baiknya.

“Bagaimana caranya kita memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Bagaimana caranya kita hadir di hati masyarakat. Kenapa, karena kita pelayan bukan dilayani. Rendahkan hati kita, tuluskan hati kita, ikhlaskan hati kita untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,”katanya.

Menurutnya, begitu juga bagaimana penegakan hukumnya menghindari arogan, kesombongan, kekakuan. Jadikan penegak hukum yang profesional, tentunya dapat dilihat dari aturan mana yang dilanggar dan aturan mana yang menyelesaikan.

“Jadi harus profesional. Jangan menyelesaikan sesuatu itu menurut pendapat kita, tetapi harus menurut hati dan pikiran kita,”pungkasnya.

Dia menambahkan membangun integritas tidak akan terjadi begitu saja.

“Kita harus menghindari praktik praktik pungutan liar, korupsi dan lainnya,”tutupnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *