Diskominfo Maluku Launching Jaringan Intra Pemerintah Provinsi Maluku

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : Pemerintah Provinsi Maluku dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Maluku melakukan launching Jaringan Intra Pemerintah Provinsi Maluku (JIPD) di Aula Lantai 7 Kantor Gubernur Maluku, Selasa (6/12/22). Dengan tema : Melalui Jaringan Intra Pemerintah Daerah Kita Sukseskan Transformasi Satu Data Indonesia Maluku (Gita Ina-Ama).

Kadis Kominfo Maluku Titus F. Renwarin dalam laporannya mengatakan Jaringan Intra Pemerintah Provinsi Maluku (JIPD) adalah jaringan intra yang dibangun dan diselenggarakan oleh pemerintah daerah untuk menghubungkan data simpul jaringan instansi opd yang satu dengan instansi opd yang lain tujuannya yakni penyajian data informasi yang tepat cepat efektif efisien transparan dan akuntabel serta meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Opd dan instansi vertikal setiap saat melakukan updating kah updating data atau informasi sebab ini menjadi tanggung jawab mutlak pimpinan opd instansi vertikal bukan Dinas kominfo Provinsi Maluku Dinas kominfo Provinsi Maluku membantu dalam mengatasi kesulitan teknis opd instansi vertikal dalam mengupdate data informasi sektoral,”kata Titus.

Titus berharap semoga launching hari ini bisa didukung oleh Pemerintah Daerah Provinsi Maluku kami sekali lagi berterima kasih kepada semua pihak khususnya kepada Direktur PT TRG dan Rio lego Perwakilan PT TRG Grup, bersama anak perusahaan yang telah bekerja sama dengan Pemda Maluku yang telah membangun jaringan.

“Ucapan terima kasih juga kepada semua pihak yang telah mendukung ini, sehingga jaringan intra pemerintah daerah bisa terbangun dan bisa dilaksanakan dengan secara baik dan aman,”ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Maluku Murad Ismail dalam sambutannya yang dibacakan Sekertaris Daerah Maluku Sadali Ie menyampaikan atas nama Pemerintah Provinsi Maluku, Gubernur mengucapkan terima kasih kepada PT. APT-TRG melalui anak perusahaan CV. FEMTO yang telah berkolaborasi dengan Dinas Kominfo Provinsi Maluku dalam membangun jaringan intra pemerintah daerah di lingkungan Pemda Provinsi Maluku.

Baca Juga:  Karya Bakti, Babinsa Koramil 1504-04/Salahatu Bantu Bangun Rumah Warga Desa Suli

“Saya juga menyampaikan terima kasih kepada Dinas Kominfo Provinsi Maluku atas capaiannya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dengan kontribusi sebesar 0,34% triwulan III tahun 2022 dalam bentuk keterbukaan informasi. Terima kasih yang sama juga saya sampaikan kepada semua pihak yang telah mendukung berbagai upaya pembangunan di Provinsi Maluku dengan cara masing-masing,”katanya.

Menurutnya, saat ini pemerintah baik pusat maupun daerah dihadapkan pada tantangan selain pembangunan teknologi digital, juga transformasi digital. Teknologi digital adalah yang berkaitan dengan sistem komputerisasi yang tidak menggunakan lagi tenaga manusia, tetapi menggunakan alat digital, sedangkan transformasi digital adalah bagian dari proses teknologi digital yang membawa perubahan pada aktifitas masyarakat secara cepat, mudah dan praktis.

“Sehubungan dengan itu, pada kesempatan yang berbahagia ini, selaku Gubernur Maluku, saya ingin menyampaikan beberapa hal sebagai berikut:

Pertama, pemerintah daerah Provinsi Maluku dalam rangka keterbukaan informasi publik tengah gencar-gencarnya melakukan transformasi digital dibidang komunikasi dan informatika yakni dengan membangu jaringan intra pemerintah daerah atau disingkat JIPD,”ujarnya.

Gubernur juga menjelaskan jaringan yang dibangun ini masih terbatas, yang terhubung pada 13 lokasi yakni Dinas Kominfo Provinsi Maluku, Dinas Sosial Provinsi Maluku dan Dinas Pariwisata Provinsi Maluku sebagai Hub. Masing-masing dengan jumlah menara satu(1) tiang radio beserta perangkat radio yang terkoneksi dengan jaringan intranet di Kantor Gubernur.

Selanjutnya Kedua, Gubernur juga mengatakan dengan terbangunnya jaringan intra pemerintah daerah ini setidaknya ada manfaat yaitu :

1. Dari pemerintah daerah, dapat menyajikan data dan informasi program/kegiatan pembangunan daerah maluku dalam aplikasi berbasis web dengan nama digitalisasi satu data indonesia maluku atau disingkat gita ina ama.

2. Dari sisi masyarakat/publik, dapat dengan mudah mengakses data dan informasi program/kegiatan sebagai bentuk keterbukaan informasi publik.

Baca Juga:  Kodam Pattimura Gelar Kampanye Kreatif Untuk Motivasi Generasi Muda Jadi Prajurit

3. Kedepan sebagai lanjutan pembangunan jaringan intra pemerintah daerah atau jipd ini, akan dikembangkan “command center” yaitu sebuah lokasi yang lengkap dengan infrastruktur yang diperlukan, dimana seorang gubernur dan forkopimda dapat melakukan meeting (pertemuan) khusus, mengambil keputusan, menugaskan, mengkoordinir, memonitor dan mengontrol sebuah tindakan yang diperlukan sebagai respon terhadap kejadian penting dan mendesak serta darurat.

Kemudian Lanjut Gubernur, Ketiga selain pembangunan jaringan intra pemerintah daerah atau jipd, pemerintah daerah maluku juga berusaha memeprluas pembangunan jaringan internet melalui kerjasama dengan kementerian kominfo ri yaitu :

1. Pembangunan menara bts di maluku, sejak tahun 2015 s/d 2022 di maluku sudah terbangun 943 bts.

2. Pembangunan satelit palapa ring terintegrasi (tahun 2022 akan melewati maluku di kabupaten mbd).

Dan keempat, Gubernur juga berharap melalui pembagunan jaringan komunikasi dan informatika yang semakin luas di Provinsi Maluku, masyarakat (publik) dapat memiliki akses yang luas, cepat dan praktis.

“Saya berharap melalui pembagunan jaringan komunikasi dan informatika yang semakin luas di Provinsi Maluku, masyarakat (publik) dapat memiliki akses yang luas, cepat dan praktis terhadap berbagai data/informasi serta mudah dalam melakukan aktifitas usaha,”harapnya. (SNI-02)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *