Satu Unit Rumah Warga Ludes Terbakar Gegara Api Kompor

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : Satu unit rumah warga, di OSM Jl. Nn Saar Sopacua, RT.006/RW.005, Kelurahan Wainitu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, hangus terbakar. Penyebab kebakaran akibat kompor yang terbalik dengan posisi masih menyala mengakibatkan tumpahan minyak menyebar dan membakar seluruh bangunan rumah, Selasa (3/10/23) pagi.

Kebakaran tersebut menimpa rumah milik keluarga Jacob Manuputty (60) seorang pensiunan dan satu (1) buah Kamar milik keluarga Margareth Wattimena (54) seorang PNS.

Walau tak meninggalkan korban jiwa dari kebakaran ini, tapi setidaknya kebakaran tersebut menghanguskan satu (1) unit rumah milik keluarga Jacob Manuputty terbakar habis dan satu (1) buah kamar milik keluarga Margareth Wattimena yang berada di lantai dua rumahnya yang berdekatan dengan rumah korban ikut terbakar. Kerugian sementara ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Kepala Seksi Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease Ipda Janet S Luhukay mengatakan menurut keterangan saksi Dominggas Saliama/Manuputty selaku istri korban (50) menjelaskan Dominggas (saksi) yang usai mencuci peralatan makan di dapur, terkejut ketika melihat kompor minyak yang sebelumnya digunakan untuk memasak atau merebus air minum telah terjatuh ke lantai dengan posisi kompor masih dalam keadaan menyala.

“Spontan saksi pun mencoba melakukan pemadaman api secara manual, namun nyala api semakin membesar. kebakaran terjadi akibatkan tumpahan minyak dari kompor merambat ke karton kosong dan kain pintu sehingga cepat terbakar dan merambat ke semua sisi rumah,”katanya.

Luhukay menjelaskan saksi pun sempat memutuskan sekring listrik dan langsung bergegas  menyelamatkan suaminya (Korban) yang sementara sakit yang posisinya masih berada di dalam kamar untuk keluar menyelamatkan diri.

“Setelah itu saksi langsung meminta pertolongan warga sekitar untuk memadamkan nyala api dengan alat seadanya, namun api menyala semakin membesar dan merembet ke bangunan rumah sebelah tepat pada salah satu kamar yang berada di lantai dua,”jelasnya.

Baca Juga:  Lanud Pattimura Gelar Upacara HUT Ke-75 TNI AU

Diketahui, Kapolsek Nusaniwe Iptu Johan WM.Anakotta pukul 08.25 WIT bersama personil tiba di TKP kebakaran dan langsung mengamankan TKP dan membantu melakukan pemadaman api secara manual serta membantu melancarkan jalur menuju lokasi TKP.

Tiga (3) unit mobil Dinas Pemadam Kebakaran tiba di TKP pukul 08.30 WIT dan melakukan upaya pemadaman api. Seluruh bangunan yang terbakar berhasil dipadamkan pukul 09.30 WIT. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *