Gandeng BPBD, Satgas TMMD Ke-119 Berikan Penyuluhan Tentang Tanggap Bencana

  • Whatsapp

SNI.ID, Ambon – Satgas TMMD Ke-119 Kodim 1504/Ambon menggandeng BPBD Kota Ambon dalam pelaksanaan kegiatan non fisik terkait memberikan penyuluhan tentang pencegahan bencana alam dan non alam.

Pertemuan penyuluhan wawasan kebangsaan berlangsung di Balai Desa Dusun Bandari, Negeri Rumah Tiga, kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Senin (4/3/24).

Pemateri dibawakan oleh Novita berhitu, S.STP,M.Han sebagai penyuluh BPBD Kota Ambon memberikan penyuluhan pembinaan masyarakat tentang tanggap bencana.

Novita berhitu, S.STP,M.Han sebagai Penyuluh BPBD Kota Ambon mengatakan kegiatan ini adalah bentuk kerjasama Pemerintah Kota Ambon khususnya BPBD di Kota Ambon dengan pihak Kodim.

“Kegiatan ini tujuannya kepada masyarakat, untuk bagaimana mempersiapkan masyarakat dalam menghadapi atau menanggulangi bencana. Kalau dilihat dengan kondisi lingkungan atau wilayah tempat tinggal di sini telaga pangi ataupun Dusun bandari, memiliki lokasi yang sangat strategis di mana dapat dijadikan sebagai tempat evakuasi mandiri,”kata Vita.

Menurut Vita, masyarakat disini memang memiliki tempat tinggal yang jauh dari ancaman bencana, tapi tidak menutup kemungkinan wilayah ini juga bisa terancam pada bencana longsor maupun gempa bumi dan tsunami.

“Kami berharap bagaimana masyarakat bisa tangguh, masyarakat bisa memiliki kesiapsiagaan dan juga memiliki pencegahan dalam mengatasi atau menanggulangi maupun menghadapi bencana yang akan terjadi. Karena bencana itu tidak bisa diprediksi kapan terjadi dan di mana juga waktunya. tetapi kita bisa mempelajari pelajaran sejarah dan juga masyarakat sudah harus siap untuk menghadapi bencana, baik itu gempa bumi tsunami longsor dan banjir,”harap Vita.

Baca Juga:  22 Agustus, Pemkot Launching HUT Ke-447 Kota Ambon

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *