Tenun Ikat Jadi Komodoti Unggulan Dekranasda MBD

  • Whatsapp

SNI.ID, Ambon : Ketua Dekranasda MBD, Relly Noach mengungkapkan akan mengembangkan tenun ikat secara luas untuk mengembangkan budaya dan peningkatan ekonomi masyarakat. Karena itu, tenun ikat menjadi komoditi unggulan dalam sektor industri kerajinan tradisional.

“Dekranasda telah melakukan regenerasi bagi kaula muda di MBD, berupa pemeberina bantuan dan pelatihan. Sehingga budaya tenun ikat dapat terus dilestarikan,” ungkap Relly kepada awak media saat diwawancarai di Gedung Dekranasda Maluku, Jumat (28/1/21).

Relly menambahkan pihaknya juga akan tetap bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam upaya tersebut, termasuk didalamnya melakukan promosi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi dan UMKM (Indagkop dan UMKM), Jecky Untajana menjelaskan sesuai instruksi Bupati. Pemda akan tetap bekerjasama dalam mengembangkan komoditi unggulan tersebut.

“Ada beberapa kekurangan yang hingga kini masih menjadi fokus pembenahan kita, yakni kualitas benang dan harga jual tenun ikat. kedepan kita akan memperbaiki itu, agar lebih diminati masyarakat di daerah-daerah lainnya”jelas Untajana.

Untajana juga menjelaskan Pemda telah berencana untuk mendirikan satu galeri khusus bagi Dekranasda MBD, namun hal ini perlu disesuaikan dengan anggran daerah.

“Memang tenun ikat menjadi prioritas bagi Dekranasda dalam pengembangan produk unggulan daerah. Selain itu, galeri khusus agar pengunjung yang datang ke MBD dapat dengan mudah menemukan produk khas MBD sebagai pusat oleh-oleh untuk pengunjung nantinya,”tutup Untajana. (SNI-01)

Baca Juga:  Pimpin Sidang Parade, Danrem 151/Binaiya Pastikan Catam TNI-AD Berkualitas

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *