Pangdam Pattimura Buka Persami Saka Wira Kartika Kodam XVI/Pattimura Tahun 2024

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial, PSC., M.Tr.(Han) membuka acara Perkemahan Sabtu Minggu Saka Wira Kartika Kodam XVI/Pattimura Tahun 2024 yang dipusatkan di Makoyonif 733/Masariku, Waiheru, Kota Ambon, Sabtu (3/02/2024).

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., dalam amanatnya yang dibacakan Pangdam mengatakan, adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan yang bertema ” Bersatu dengan Alam Rehabilitasi Kawasan Hutan dan Lahan Basah” adalah melaksanakan pembinaan kepramukaan Saka Wira Kartika sebagai bentuk tanggung jawab moral dan panggilan jiwa untuk membina serta membentuk generasi muda bangsa agar memiliki karakter dan wawasan kebangsaan yang kuat sehingga menjadi generasi yang mampu dan mengisi kemerdekaan.

“Semoga kegiatan ini tidak hanya menjadi sarana untuk meningkatkan pengetahuan tentang Kepramukaan, tetapi juga memberikan pemahaman tentang kesadaran terhadap lingkungan yang merupakan tanggung jawab moral seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali, termasuk Pramuka”, harap Kasad.

Selain itu lanjut Kasad, melalui kegiatan ini diharapkan pula dapat mengembalikan fungsi hutan ke dalam perannya sebagai paru-paru dunia guna membangun kembali habitat alam dan ekosistemnya serta mencegah pemanasan global. Hal ini selaras dengan tema kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu Saka Wira Kartika Tahun 2024 yang sejalan dengan poin Dasa Dharma Pramuka yang kedua.

Diakhir amanatnya, Kasad berpesan kepada peserta Pramuka Saka Wira Kartika agar menjadi generasi muda bangsa memiliki nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, disiplin, serta kepedulian tentang melestarikan lingkungan dan alam sekitar.

Usai upacara pembukaan oleh Pangdam dilanjutkan dengan penyerahan bibit pohon dan sembako kepada peserta, pelatih, komunitas pencinta alam, Prajurit Yonif 733/Masariku dan masyarakat. Selain itu juga menerima penjelasan tentang Tempat Pembuangan Sampah Reduce, Reuse, Recycle ( TPS3R) oleh Balai prasarana permukiman wilayah Maluku.

Baca Juga:  Iklann

Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan karya bakti berupa penanaman 1.000 pohon dan mengikuti Vicon bersama Kasad pada kegiatan pembukaan persami di tingkat pusat yang diadakan di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Dalam kesempatan tersebut,  Kasad juga berdialog secara virtual antara Kasad dengan para Pangdam.

Sebagai informasi kegiatan Persami Saka Wira Kartika Kodam XVI/Pattimura ini  dilaksanakan selama dua hari kedepan, dan diikuti oleh 130 orang anggota Saka Wira Kartika baik itu tingkat penegak, pendega, pelatih dan pembina.

Adapun kegiatan karya bakti yang  dilaksanakan berupa penanaman pohon di lahan sekolah perikanan menengah dan lahan Puskop seluas 5 Ha. Selain itu juga dilaksanakan pembersihan tempat ibadah dan pasar. Kemudian materi yang diberikan berupa Navigasi darat (Navrat), pioneer, survival, Mountaineering dan penanggulangan bencana.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Agung Pambudi, Irdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Dadang Rukhiyana, Kapoksahli Pangdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Syaeful Mukti Ginanjar, Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Aminton Manurung, Para Asisten, Kabalak dan Dansat jajaran Kodam XVI/Pattimura, Komunitas pencinta alam Prov Maluku dan pejabat Kwarda serta Kwarcab Prov Maluku.

Hadir pula Ketua Persit KCK Daerah XVI/Pattimura Ny. Shinta Syafrial, Wakil Ketua Persit KCK Daerah XVI/Pattimura Ny. Nini Agung Pambudi beserta pengurus. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *