Pemprov Maluku Gelar Pasar Murah Jelang Natal

  • Whatsapp

SNI.ID, AMBON : Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku bersama Pemerintah Provinsi menggelar kegiatan pasar murah mobile, Senin (12/12/2022). Pembukaan kegiatan pasar murah mobile tersebut berlokasi di halaman Kantor Disperindag Pemprov Maluku.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku Yahya Kotta mengatakan jelang Hari Raya Natal 2022 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluki menggelar pasar murah serentak di 27 titik di Pulau Ambon, Salahatu, Leihitu, dan Leihitu Barat.

Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 12 sampai dengan 14 Desember 2022 bertempat di desa, negeri dan kelurahan di pulau Ambon yang warganya merayakan Natal di sekitar 27 tempat yang akan dituju dalam pasar murah natal secara mobile ini.

Kadis menjelaskan tujuan pasar murah ini pertama adalah melalui pasar murah/bazaar ini dapat membantu masyarakat pada umumnya, terutama yang akan merayakan hari Natal dan Tahun Baru 2023 untuk memperoleh kebutuhan bahan pokok dengan harga yang terjangkau.

“Kedua, Memberikan kesempatan kepada para distributor untuk menyediakan dan menjual bahan kebutuhan pokok dengan harga yang dibawah distributor. Ketiga, sebagai sarana untuk memperkuat tali silaturahmi antara sesama orang bersaudara di Maluku khususnya di Kota Ambon Manise,”jelasnya.

Ia juga menjelaskan harga satu paket dari distributor di botol sebesar Rp130.000 per paket, sedangkan dijual di Pasar Murah mobile dengan harga Rp50.000 per paket dengan demikian subsidi sebesar 80.000 dari pemerintah daerah.

Selaij itu, komoditi yang dijual kebutuhan yang dijual kepada kegiatan ini adalah satu paket terdiri dari telur ayam ras satu rak, gula pasir 2 kg, terigu 2 kg, minyak goreng 1 liter.

“Perlu saya laporkan kepada Bapak Gubernur bahwa stop kebutuhan bahan pokok menjelang hari natal 2022 dan tahun baru 2023 tersedia dalam jumlah yang cukup. Para distributor yang berpartisipasi dalam pasar murah ini UD. Gema Rezeki, Bulog Kanwil Maluku dan Maluku Utara, Ambon farmers market, “pungkasnya.

Baca Juga:  Kedatangan Satgas Operasi Trisila TNI AL, Di Sambut Tarian Cakalele

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Staf Ahli Gubernur Maluku Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Denny D. Lilipory saat membacakan sambutan Gubernur Maluku mengatakan beberapa hari kedepan umat Kristiani di Maluku akan merayakan natal 25 Desember 2022, untuk itu atas nama Pemerintah Provinsi Maluku, Pribadi dan Keluarga, Gubernur mengucapkan Selamat Hari Natal 25 Desember 2022.Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu menuntun dan membimbing kita ke jalan yang benar.

“Kegiatan pasar murah yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Maluku saat ini, adalah merupakan kegiatan rutin tahunan dalam menyambut hari-hari besar keagamaan, yang dilaksanakan dalam kondisi inflasi nasional khususnya Maluku yang cukup tinggi,” Katanya.

Menurut Gubernur, kondisi harga beberapa barang kebutuhan pokok cenderung meningkat, akibat kenaikan harga di daerah sentra produksi seperti telur, bawang merah, cabe dan lainnya.

“Disamping itu, adanya kebijakan pemerintah pusat menaikkan harga BBM, yang berdampak langsung terhadap peningkatan harga komoditi baik di Provinsi Maluku maupun secara nasional. Kegiatan Pasar Murah yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Maluku saat ini merupakan kegiatan rutin tahunan dalam menyambut hari-hari besar keagamaan, “ujarnya.

Gubernur menjelaskan dalam kondisi Inflasi Nasional, khususnya di Maluku, harga beberapa barang kebutuhan pokok cenderung meningkat akibat kenaikan harga di daerah sentra produksi, seperti telur, bawang, cabe dan lainnya.

Selain itu, adanya kebijakan Pemerintah Pusat menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), berdampak langsung terhadap peningkatan harga komoditi baik di Provinsi Maluku maupun secara Nasional.

“Berdasarkan rilis BPS, inflasi Maluku saat ini telah mencapai angka 6,65 persen (YOY) jauh diatas target (3+/-1 persen). Hal ini menjadi perhatian yang serius dan sungguh-sungguh dari Pemerintah Daerah Maluku dan Pemerintah Kabupaten/Kota. Menjelang Hari Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, permintaan masyarakat terhadap barang kebutuhan pokok pasti akan meningkat, “katanya.

Baca Juga:  Kodam Pattimura Serbuan Vaksin di Pelabuhan Ambon

Sehubungan dengan itu, Gubernur juga meminta kepada seluruh unsur terkait, baik dalam tim pengendalian inflasi daerah Maluku maupun Kabupaten/Kota.

Gubernur menjelaskan ada beberapa hal penting antara lain, pertama, segera melakukan langkah-langkah koordinasi dan komunikasi dalam rangka pengendalian inflasi di Provinsi Maluku.

“Kemudian Kedua, kepada OPD pengguna Dana BTT 2 persen, agar bekerja secara tepat melakukan koordinasi dan pendampingan hukum dengan pihak terkait, dalam rangka efektifitas dan efisiensi pemanfaatan anggaran dimaksud, melalui kegiatan Operasi Pasar, Subsidi Transportasi, dan kegiatan lain, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 134 beserta petunjuk pelaksanaannya, “jelasnya.

Ketiga, Kata Gubernur, kepada Disperindag Provinsi Maluku dan Stakeholder terkait, agar menjaga kelancaran distribusi dan ketersediaan barang kebutuhan pokok di Maluku. Baik untuk kebutuhan umat Kristiani yang akan merayakan Hati Natal, maupun masyarakat secara umum.

Keempat, Gubernur menambahkan bersama satgas pangan melakukan pengawasan secara kontinyu dalam rangka mencegah adanya kemungkinan upaya penimbunan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Gubernur juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah berperan aktif membantu Pemerintah Daerah dalam mendukung kelancaran pelaksanaan Pasar Murah atau Bazaar Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. (SNI-02)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *